Mengubah Ukuran Image atau Foto di Linux

Bagi kita yang hobi photography dan memajangnya pada media online, pastinya kita memerlukan koneksi internet yang cukup bagus untuk menguploadnya. Dikarenakan hasil foto yang diambil memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk itu agar upload image atau foto yang kita inginkan tidak terlalu lama dalam menguploadnya dan juga dapat menghemat quota dari internet yang dimiliki 🙂 akan lebih baik ukutan image atau foto yang akan di upload di ubah ukurannya menjadi kecil (sesuai dengan proposional) yang diinginkan.

(46)

add-apt-repository command not found

Untuk menambahkan repository dari luar biasanya kita akan memakai perintah:

add-apt-repository

Akan tetapi untuk perintah ini tidak akan berjalan di debian linux, oleh karena itu kita perlu menambahkan aplikasi untuk dapat menjalankan perintah diatas. Yang perlu kita tambahkan adalah software properties common, dimana aplikasi ini terdapat beberapa paket yang memberikan sumber untuk membaca perintah seperti perintah untuk menambahkan repository.

(24)

Menginstall Font Yang Berada Di Microsoft Office ke Linux Office

Membuat sebuah laporan penelitian memang sudah memiliki ketentuannya masing-masing, dari jenis kertas hingga jenis font yang digunakan. Bagi pengguna microsoft office memang sudah biasa dengan font yang tersedia olehnya, bagi pengguna linux office jangan khawatir jika tidak ada jenis font yang terdapat di ms. office, kita bisa menginstallnya. Berikut cara menambahkan jenis font yang ada di Ms. Office ke Linux Office.

(27)

Install Linux, Apache, MySQL, PHP Dan PHPMyAdmin (LAMPP)

LAMPP adalah sekelompok perangkat lunak open source yang digunakan untuk membangun dan menjalankan webserver. LAMPP merupakan istilah dari Linux, Apache, MySQL, PHP, dan PHPMyAdmin. Baik berikut bahasan bagaimana menginstall LAMPP.

Sebelum menginstall LAMPP, pastikan repository sudah terupdate, lakukan update sistem:

(95)

Konfigurasi SSL dan SSL-Certificate di Ubuntu

SSL atau Secure Sockets Layer adalah sebuah protokol keamanan data yang digunakan untuk menjaga pengiriman data webserver dan pengguna situs web tersebut. Untuk mengetahui apabila transaksi diamankan oleh SSL adalah sebuah icon berlambangkan gembok yang terkunci akan muncul di browser yang telah diamankan dengan SSL. Dengan meng-klik icon tersebut akan diketahui otoritas sertifikasi dari sertifikat SSL tersebut.

(71)