Memperbaiki (DualBoot) Grub di Backtrack 5

Assalamu’alaikum. wr. wb.
ehm, di notebook saya menggunakan dua OS (win 7 dengan Backtrack (BT) 5) berhubung kantor beli OS 7 Ultimate yang harganya lumayan, yois saya install ulang notebook, ini juga nantinya saya gunakan untuk membuat program sistem informasi kebutuhan kantor ya simbiosis mutualisme lah 🙂 . lama saya menggunakan win 7, yang akhirnya kangen dengan si BT 5 (yang tertutup karena grubnya terhalang win 7). Akhirnya saya mengaktifkan kembali 🙂 yang harus dilakukan yaitu memperbaiki Grub yang ada di BT5. memang cara ini sudah banyak bertebaran di google tapi tidak salah untuk saya postingkan supaya bagi mereka yang belum mengetahui/ mendapat kendala seperti saya bisa menjadi bahan pengajaran :). baik, berikut yang saya lakukan:

  1. Booting dengan DVD Backtrack, untuk tampilan GUI mungkin sudah pada tahu caranya, ketik “startx” lalu enter, kemudian login “root” password “toor”
  2. Setelah masuk, buka terminal command line, kemudian ketik perintah berikut: root@bt:~#fdisk -l  (ini untuk melihat drive yang ada di PC/notebook kita), lihat lokasi dimana BT terinstall biasanya diketerangan system nya ‘linux’.
  3. Jika sudah terlihat drive dimana kita menginstall, kemudian lakukan ‘mount’: root@bt:~#mkdir /media/root
  4. kemudian masuk kita ‘mount’ ke root yang berada didrive installan BT, disini drive saya berada di ‘sda3’, berikut untuk masuknya: root@bt:~#mount /dev/sda3 /media/root
  5. kemudian konfirmasi lokasi root diatas untuk memberikan izin penginstallan Grub untuk mengganti grub yang lama(rusak):  root@bt:~#ls /media/root
  6. kemudian install grub untuk memperbaiki grub lama: root@bt:~#grub-install –root-directory=/media/root /dev/sda
  7. Setelah cara 1-5 dilakukan kemudian restart: root@bt:~#reboot

Berikut screenshoot yang saya lakukan:

(19)

2 comments on “Memperbaiki (DualBoot) Grub di Backtrack 5Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *