Mengubah Ukuran Image atau Foto di Linux

Bagi kita yang hobi photography dan memajangnya pada media online, pastinya kita memerlukan koneksi internet yang cukup bagus untuk menguploadnya. Dikarenakan hasil foto yang diambil memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk itu agar upload image atau foto yang kita inginkan tidak terlalu lama dalam menguploadnya dan juga dapat menghemat quota dari internet yang dimiliki 🙂 akan lebih baik ukutan image atau foto yang akan di upload di ubah ukurannya menjadi kecil (sesuai dengan proposional) yang diinginkan.

Banyak tools yang dapat digunakan jika kita menggunakan sistem operasi berbasis windows, akan tetapi disini kita akan memberikan tips bagaimana Mengubah Ukuran Image atau Foto di Linux.

ImagemagickTools yang digunakan untuk mengubah ukuran tersebut itu tidak hanya untuk mengubah satu foto akan tetapi kita akan sangat terbantu jika foto yang akan diubah ukurannya itu lebih banyak. Baik, langsung saja kita praktekan, yang pertama kali yang harus kita lakukan yaitu pastikan tools Image Magick sudah terinstall pada Sistem Operasi kita, jika belum berikut perintah untuk menginstallanya.

sudo apt-get install imagemagick

Setelah Image Magick terinstall, saatnya kita mencoba tools tersebut. Untuk mengubah ukuran Image atau Foto perintah dasar Image Magick yaitu:

mogrifiy -resize <ukuran_baru> nama_foto

Misalnya kita akan mengubah foto dengan nama foto DSCN1062.jpg, terlebih dahulu kita masuk ke folder dimana foto yang akan diubah ukurannya berada, kemudian ketikan perintahnya di terminal linux sebagai berikut:

mogrifiy -resize 640 DSCN1062.jpg

artinya perintah tersebut mengubah lebarnya foto DSCN1062.jpg menjadi 640 pixel dengan rasio dan tinggi proporsional. Jika lebar dan panjang gambar yang kita inginkan spesifik, berikut perintahnya:

mogrifiy -resize 640*480! DSCN1062.jpg

Untuk file jpg yang akan di upload ke website compressing ratio nya dapat di atur, hal ini berkaitan dengan ukuran file hasil keluarannya. Untuk cetak umumnya foto masih dapat menggunakan compressing ratio 80 (0 – 100), sedangkan pada web bisa antara 45 – 70. Compressing ratio ini juga dapat berpengaruh pada ukuran foto, untuk kita yang ingin mengutamakan kecepatan akses web saat melihat foto hasil upload, untuk compressi ratio dapat menggunakan ukuran ratio 50 dan ini masih lazim digunakan. Akan tetapi jika ingin mempertahankan kualitas gambar yang baik dapat menggunakan ratio 70.

Untuk compressing ratio file jpg pada Image Magick ini, menggunakan parameter -quality contohnya :

mogrify -resize 640 -quality 70 DSCN1062.jpg

artinya ukuran foto diubah menjadi lebar 640 pixel dengan kualitas ratio 70 dan tinggi proposional yang akan menyesuaikan.

Nah, itu baru satu foto yang kita ubah ukurannya. Lalu, bagaimana kalau lebih dari satu foto? Dengan Image Magick ini cukup mudah, jika kita ingin mengubah foto dengan jumlah banyak cukup dengan perintah berikut:

mogrify -resize 640 -quality 70 *.jpg

ada tanda (*) sebelum ekstensi jpg, itu mengartikan bahwa semua nama dengan ekstensi file jpg akan diubah ukurannya.

Demikian, tutorial bagaimana mengubah ukuran image atau foto di Linux. Semoga bermanfaat. 🙂
Lapak Kujang Bogor

(46)

0 comments on “Mengubah Ukuran Image atau Foto di LinuxAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *